7-Cs

7 Cs of Success

Ini adalah teori klasik sebagai panduan dalam mengayunkan langkah menapaki tangga menuju kesuksesan. Keunikannya adalah seluruh kata kunci diawalli dengan huruf “C” dalam Bahasa Inggris.

Ini artikel pendek karena saya tidak memberikan penjelasan secara panjang lebar. Silahkan dicermati dan dipahami untuk kemudian dicoba diterapkan dalam langkah Anda.

Clarity

Kejelasan: Delapan puluh persen keberhasilan berasal dari kejelasan tentang siapa Anda, apa yang Anda yakini dan apa yang Anda inginkan.

Artinya, kita harus mengenal potensi yang kita miliki, menetapkan tujuan yang diinginkan, dan mengejarnya dengan sepenuh keyakinan.

Competence

Kompetensi: Anda tidak dapat naik ke anak tangga berikutnya hingga Anda menguasai dengan baik pada apa yang Anda lakukan sekarang.

Artinya, ibarat sekolah, agar dapat naik ke kelas berikutnya, maka kita harus lulus ujian kenaikan kelas. Nah, ujian kenaikan kelas itu berisi materi kelas yang kita ikuti sekarang.

Constraints

Kendala: Delapan puluh persen dari semua hambatan untuk kesuksesan datang dari dalam. Cari tahu apa saja yang menghambat dalam diri Anda temukan cara untuk mengatasinya.

Artinya, dua kendala terbesar dari dalam diri adalah rasa malas dan enggan menambah pengetahuan baru. Bila kita mampu mengatasinya, maka terbuka kesempatan untuk maju.

Concentration

Konsentrasi: Kemampuan untuk fokus pada satu masalah dan mengatasinya hingga selesai, seringkali lebih penting dari apapun.

Artinya, memang sangat banyak masalah yang harus dihadapi dan menuntut penyelesaian, tetapi usahakan dengan segala cara untuk tetap fokus menghadai satu masalah dan menyelesaikannya hingga tuntas. Terapkan prinsip satu langkah satu masalah.

Creativity

Kreativitas: Banjiri hidup Anda dengan beragam ide dari berbagai sumber. Kreativitas perlu dilatih seperti otot, jika Anda tidak menggunakannya Anda akan kehilangan.

Artinya, pertama, kita perlu banyak referensi agar kreativitas tidak mentok. Kedua, bila tidak dilatih, kreativitas akan kehilangan kepekaannya.

Courage

Keberanian: keberanian adalah kemauan untuk melakukan hal-hal yang Anda yakini kebenarannya.

Artinya, dasar pertama adalah kemampuan untuk mengenali kebenaran, kemudian kemauan untuk melakukannya.

Continuous learning

Pembelajaran yang berkelanjutan: Baca, setidaknya, satu buku per minggu di bidang yang Anda geluti agar tetap di depan para pesaing. Hal ini mungkin sulit, tetapi akan menguji hasrat Anda untuk mencapai kesuksesan.

Artinya, pengetahuan semakin cepat berkembang, sekali lengah dan kita akan tertinggal di belakang.

  • Translate from nidokido
  • Art by Andres Amador
  • Photo by Yahoo
  • Image by Creative Market

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s