remarkable

Delapan Ciri Karyawan Luar Biasa

Karyawan hebat dapat diandalkan, dapat menjadi sandaran, proaktif, rajin, pemimpin besar dan sekaligus pengikut yang besar. Mereka memiliki berbagai kualitas yang mudah didefinisikan – tetapi sulit untuk ditemukan.

Beberapa orang bahkan mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi. Beberapa karyawan yang luar biasa, memiliki kualitas yang mungkin tidak muncul di penilaian kinerja tapi tetap membuat dampak yang besar pada kinerja.

Berikut adalah delapan kualitas karyawan yang luar biasa :

1. Mereka mengabaikan deskripsi pekerjaan.

Semakin kecil perusahaan , karyawan dituntut semakin mandiri, mampu beradaptasi dengan cepat terhadap pergeseran prioritas, dan melakukan apa pun yang diperlukan, tanpa peduli dengan peran atau posisi, agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan.

Ketika sebuah proyek besar berada dalam bahaya, karyawan yang luar biasa segera menyadarinya tanpa perlu diberitahu bahwa ada masalah dan bekerja tanpa diminta – bahkan walaupun itu bukan tugas mereka.

2. Mereka eksentrik …

Karyawan terbaik sering sedikit berbeda : unik, kadang-kadang kurang sopan, bahkan senang untuk menjadi tidak biasa. Mereka tampak sedikit aneh, tetapi dalam cara yang benar-benar baik. Kepribadian yang tidak biasa membolak-balikkan segala sesuatu, membuat pekerjaan lebih menyenangkan, dan mengubah kelompok yang lugu menjadi lebih berasa.

Orang-orang yang tidak takut untuk berbeda secara alami memperluas batas-batas dan menantang status quo, dan mereka selalu datang dengan ide-ide terbaik.

3. Tapi mereka tahu kapan harus bertarung.

Kepribadian yang tidak biasa suka bersenang-senang … sampai mencapai batas. Ketika tantangan besar muncul atau situasi mendesak, karyawan terbaik berhenti mengekspresikan individualitas mereka dan melebur ke dalam tim kerja.

Karyawan yang luar biasa tahu kapan bisa bermain-main dan kapan harus serius, kapan harus sopan dan kapan harus menyesuaikan diri, dan kapan harus maju dan kapan harus menahan diri. Ini adalah keseimbangan yang sulit dilakukan, tapi beberapa makhluk langka bisa berjalan di atas garis tipis dengan mudah.

4. Mereka memuji dan dipuji secara terbuka …

Mereka mendapat pujian dari atasan dan rekan kerja secara terbuka. Artinya kualitas mereka, dan kontribusi di dalam pekerjaan, diakui secara umum.

Karyawan yang luar biasa, di sisi lain, selalu mengakui kontribusi orang lain, walaupun sesungguhnya dampak dari kata-kata mereka lebih besar.

5. Dan mereka mengeluh secara tertutup.

Kita semua ingin karyawan mengungkapkan jika muncul masalah, tetapi beberapa masalah lebih baik ditangani secara pribadi. Karyawan hebat sering mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk memunculkan permasalahan kontroversial karena kinerja mereka memungkinkan kebebasan yang lebih besar.

Tetapi karyawan yang luar biasa datang kepada Anda sebelum atau setelah pertemuan untuk membahas isu sensitif, menyadari bahwa membawa masalah itu ke dalam forum bisa memicu badai.

6. Mereka berbicara ketika orang lain diam.

Banyak orang ragu-ragu untuk berbicara dalam pertemuan. Tidak sedikit yang ragu-ragu untuk berbicara secara pribadi .

Seorang karyawan pernah bertanya pertanyaan tentang kemungkinan PHK. Setelah pertemuan itu saya berkata kepadanya , “Mengapa kau bertanya tentang hal itu? Anda sudah tahu apa yang terjadi.” Dia berkata, “Memang benar, tetapi banyak orang yang tidak tahu, dan mereka takut untuk bertanya. Saya pikir akan sangat berguna jika mereka mendengar jawaban dari Anda.”

Karyawan yang luar biasa memiliki bakat bawaan untuk mengidentifikasi masalah dan kepedulian pada orang di sekitar mereka, dan berdiri untuk mengajukan pertanyaan atau mengangkat isu-isu penting ketika orang lain masih ragu-ragu.

7. Mereka senang membuktikan orang lain salah.

Sering muncul motivasi terhadap diri sendiri dari keinginan untuk membuktikan bahwa orang yang ragu-ragu itu salah . Anak tanpa gelar sarjana atau wanita yang diberitahu bahwa ia tidak memiliki potensi kepemimpinan sering memiliki keinginan membara untuk membuktikan bahwa orang lain salah.

Pendidikan, kecerdasan, bakat, dan keterampilan memang penting, tetapi hasrat jauh lebih penting. Karyawan yang luar biasa didorong oleh hasrat yang lebih dalam dan lebih pribadi daripada sekadar keinginan untuk menuntaskan pekerjaan dengan baik .

8. Mereka senang bermain-main.

Ada orang yang sulit merasa puas (dalam sudut pandang yang baik) dan terus berkutat dengan sesuatu: merombak timeline, menyesuaikan proses produksi, atau mengutak-atik alur kerja.

Karyawan yang baik mengikuti proses. Sedangkan karyawan yang luar biasa menemukan cara untuk membuat proses tersebut lebih baik, bukan karena diperintahkan … tapi karena mereka tidak bisa menahan diri.

Banyak orang dapat dididik menjadi karyawan yang baik, bahkan menjadi hebat, tetapi hanya ada beberapa gelintir yang menjadi luar biasa.

 

  • Translate from nidokidos
  • Art by Andres Amador
  • Photo by Yahoo

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s