bunga-bromiliad

Fakta Menarik tentang Nanas

Nanas tentu bukan jenis buah yang asing bagi Anda. Buah yang nikmat ini bukan hanya manis, tetapi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Nanas adalah buah yang luar biasa dan dapat menjadi salah satu makanan paling sehat yang dapat disediakan.

Tahukah Anda, di balik penampilannya yang sangat cantik ternyata banyak fakta menarik yang tersembunyi dari buah tropis ini? Tunggu dulu. Benarkah buah nanas berhak menyandang status sebagai “buah” seperti buah mangga, buah pisang, atau buah pepaya?

keluarga-nanas
Keluarga Nanas
  1. Nanas sejatinya adalah bunga majemuk. Satu nanas sebenarnya terdiri dari puluhan kuntum individu yang tumbuh bersama untuk membentuk seluruh bunga. Setiap sisik/mata pada nanas adalah satu bunga yang terpisah.
  2. Nanas adalah anggota dari keluarga Bromeliaceae/ bromeliad. Sangat jarang keluarga bromeliad menghasilkan bunga yang dapat dimakan. Nanas, dapat dikatakan, adalah satu-satunya bunga bromeliad yang dapat dimakan.
  3. Proses pematangan buah nanas berhenti seketika mereka dipetik. Tidak ada cara khusus untuk menyimpan mereka untuk membantu mematangkan mereka lebih lanjut.
  4. Warna bukan ciri utama dalam menentukan kematangan. Pilihlah nanas dengan mencium aromanya. Jika baunya segar, harum, dan manis, dapat dipastikan itu adalah buah yang baik.
  5. Semakin banyak sisik pada nanas, semakin berasa manis dan mengandung lebih banyak air.
  6. Anda bisa menanamnya dengan memotong bagian atas. Dia akan tumbuh seperti ubi jalar.
  7. Nanas bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan, radang sendi, dan sinusitis.
  8. Jus nanas memiliki efek antelmintik, yang dapat membantu menyingkirkan cacingan.
  9. Nanas kaya akan unsur mangan, mineral yang sangat penting untuk perkembangan tulang yang kuat dan jaringan ikat. Secangkir nanas segar akan memberikan Anda hampir 75% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang dewasa, dengan tulang yang rapuh karena dimakan usia.
  10. Bromelain, sebentuk enzim proteolitik, adalah nilai lebih yang lain dari buah nanas. Proteolitik berarti “memecah protein”, itulah sebabnya mengapa nanas terkenal dapat membantu pencernaan. Enzim ini membantu tubuh mencerna protein lebih efisien. Bromelain juga dianggap sebagai anti inflamasi yang efektif.
  11. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah cangkir nanas segar setiap hari dipercaya dapat meringankan nyeri sendi, osteoarthritis.
  12. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera karena dapat mengurangi inflamasi dan pembengkakan.
  13. Jus jeruk adalah minuman populer bagi mereka yang menderita pilek karena mengandung vitamin C. Nanas segar tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Jika Anda menderita pilek disertai batuk berdahak, tambahan nanas di dalam menu Anda.
  14. Orang yang secara rutin makan nanas segar memiliki lebih sedikit masalah sinus dan alergi. Buah nanas sendiri sangat jarang menimbulkan alergi.
  15. Resep tradisional untuk morning sickness adalah jus nanas segar ditambah beberapa jenis kacang-kacangan.
  16. Nanas juga baik untuk kesehatan mulut. Jus nanas segar menghambat pertumbuhan plak.

Itulah beberapa fakta menarik tentang nanas. Ada yang ingin menambahkan?

Sumber Artikel :

Sumber Gambar:

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s