hidangan-fleksibel-nasi-goreng

Hidangan yang Fleksibel

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu sekali waktu kita mendapat giliran untuk menjadi tuan rumah sebuah pertemuan. Entah itu pertemuan RT, atau pertemuan keluarga atau acara yang lainnya. Dan sudah selayaknya sebagai tuan rumah kita menjamu tamu yang berkunjung.

Masalahnya adalah seringkali tamu yang hadir tidak dapat diprediksi. Kondisi semacam ini dapat menghadirkan dilema bagi sang tuan rumah. Ada dua kemungkinan sehubungan dengan hidangan. Kemungkinan pertama, sebagian besar tamu yang diundang kebetulan dapat hadir, sehingga bila persediaan sedikit dikhawatirkan hidangan tidak mencukupi.

Kemungkinan kedua adalah kebalikannya. Sang tuan rumah sudah menyediakan banyak hidangan, tetapi ternyata banyak yang berhalangan hadir. Bisa-bisa banyak hidangan yang terbuang mubazir.

Menghadapi dilema semacam ini saya memiliki dua jurus untuk menangkalnya.

Jurus Pertama: Mengundang Pedagang Keliling

Bila Anda memiliki langganan pedagang keliling yang layak untuk disajikan silahkan dipesan menjadi hidangan pertemuan. Caranya adalah dengan mengundang pedagang keliling itu pada saat pertemuan. Kemudian mereka yang hadir dipersilahkan untuk memesan sendiri sesuai selera masing-masing.

Hidangan-Fleksibel-Pangsit-Mie-Ayam

Keunggulan cara ini adalah tidak akan ada sisa makanan karena jumlah yang dihidangkan sesuai dengan jumlah orang yang memesannya. Keunggulan lain adalah tiap orang dapat memesan sesuai dengan selera masing-masing.

Sedangkan jenis makanan yang biasa dijajakan keliling dan layak untuk dihidangkan antara lain: nasi goreng, mie ayam, siomay, batagor, soto, bakso, dan lain-lain. Satu hal yang harus dipertimbangkan adalah makanan itu harus dapat disajikan dengan cepat.

Jurus Kedua: Keluwesan Sate Ayam

Hitung 80% dari jumlah orang yang diundang lalu kalikan dengan 4. Hasilnya adalah jumlah tusuk sate yang harus Anda beli. Jika mengundang 50 orang berarti harus menyediakan 160 tusuk sate. (50 x 80% x 4 = 160). Saya tambahkan perhitungan 80% karena biasanya ada saja orang yang berhalangan hadir.

hidangan-fleksibel-sate-indonesia

Bila yang hadir adalah 40 orang (80% dari undangan), maka satu porsi mendapat 4 tusuk sate sesuai perhitungan semula. Bila yang hadir hanya 30 orang, maka satu porsi mendapat 5 tusuk sate, sehingga ada sisa 10 tusuk yang dapat Anda nikmati sendiri. Bila ternyata semua yang diundang dapat hadir, maka tiap porsi akan mendapat 3 tusuk saja.

Fleksibel bukan?

Tentu saja ini bukan rumus baku. Kita dapat mengubah angkanya sesuai dengan kebutuhan dan acara yang diselenggarakan. Intinya adalah keluwesan menghidangkan sate yang dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang hadir.

Jadi apapun acaranya dengan jurus di atas kita dapat menghindari rasa malu karena hidangan yang kurang. Sekaligus menutup kemungkinan banyaknya makanan tersisa tidak dinikmati.

Sumber Gambar:

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s