ambigram

Ambigram – Kaligrafi Dua Sisi

Ambigram adalah seni kaligrafi yang sangat menarik. Bagi para pembuatnya membentuk ambigram yang indah dan mudah dipahami adalah satu tantangan tersendiri. Kepuasan menyeruak ketika berhasil menuntaskan satu karya. Seperti menyaksikan munculnya satu keajaiban. Dan portofolio bertambah satu lagi.

Banyak sudah seniman yang memberi kontribusi bagi perkembangan ambigram. Dan banyak pula karya-karya indah yang telah dihasilkan. Di antara nama yang tidak dapat diabaikan sumbangannya adalah John Langdon dan Scott Kim. Keduanya telah menulis buku tentang seni kaligrafi yang sangat menarik ini, yaitu “Wordplay” (John Langdon) dan “Inversions” (Scott Kim). Selain itu saya juga sangat menyukai karya-karya Nagfa yang dimuat di blognya.

Pertama kali saya berkenalan dengan ambigram adalah saat membaca novel Dan Brown berjudul “Angels & Demons”. Novel yang bercerita tentang persaudaraan kuna Illuminati ini pembaca diperkenalkan dengan berbagai ambigram berbentuk cap yang diperlakukan selayaknya berlian. Seluruh ambigram dalam novel ini dibuat oleh John Langdon.

Ambigram Illuminati
Ambigram Illuminati karya John Langdon

Kesuksesan novel ini ikut melambungkan popularitas ambigram. Namun popularitas ini tidak pernah mencapai puncaknya. Kenyataannya masih banyak orang yang tidak tahu atau tidak memahami apa itu ambigram. Oleh karena itu saya tergerak untuk memberi sedikit sumbangan sebatas yang telah saya pelajari.

Saya telah menulis satu e-book yang dapat Anda unduh lewat link di bawah ini. Pasti gratis. Namun mohon maaf sebelumnya. Cukup banyaknya gambar yang saya masukkan ternyata membuat ukuran e-book membengkak. Sekitar 1.175 kB. Untuk mengunggahnya saya memerlukan sedikit kesabaran. Semoga untuk mengunduhnya tidak terlalu berat. Dan semoga sedikit usaha ini cukup mendapat ganjaran ketika menikmati isinya.

unduh cuma-cuma

“Ambigram – Kaligrafi Dua Sisi” yang saya susun dapat dikatakan hanyalah pandangan sekilas. Silahkan berkelana sendiri dan temukan ribuan ambigram yang sekarang telah tersebar di belantara internet. Saya juga pernah membagi beberapa ambigram. Dapat dilihat lagi lewat kategori corat-coret.

Ambigram telah berkembang dan memiliki basis penggemarnya sendiri. Namun di sisi lain ambigram juga masih hidup untuk dirinya sendiri dan belum berhasil memberi sumbangan nyata pada kehidupan.

Gambar ambigram illuminati asli dapat dilihat di

http://illuminati92.deviantart.com/art/Illuminati-Ambigram-WP-111949448

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Ada tanggapan ?

