word2wordpress

MsWord Template untuk WordPress Theme (2/2)

Ketika pertama kali membuat blog pada tahun 2006, hanya ada sedikit pilihan theme yang tersedia. Mungkin tidak lebih dari 20 pilihan. Dan di antara pilihan yang sangat terbatas itu masih terdapat banyak kekurangan. Saya merasa, paling tidak secara visual, masih banyak yang harus diperbaiki. Ternyata keterbatasan theme itu berpengaruh pula kepada semangat saya dalam ngeblog. Akibatnya saya pernah pindah ke tetangga sebelah.

Namun dalam dua tahun terakhir WordPress berkembang dengan sangat pesat. Ketika berkunjung pada 16 April 2012 telah tersedia 180 theme. Jumlah ini kelihatannya akan terus bertambah dengan sangat cepat. Beberapa theme terbaru tampil sangat memukau dan sempat membuat saya merasa bimbang untuk menentukan pilihan.

Sejak 3 Pebruari 2011 tersedia juga theme premium (berbayar) yang memungkinkan kita lebih leluasa melakukan perombakan. Terutama bagi mereka yang paham dengan bahasa program. Telah tersedia 33 theme premium yang mungkin juga akan terus bertambah.

Melanjutkan acara bagi-bagi template, inilah theme yang menduduki urutan 5 hingga 1. Silahkan mengunduh lewat link di bawah ini.

unduh cuma-cuma

5. Wu Wei

Ini template MsWord untuk WordPress Theme paling unik yang pernah saya buat karena memakai 2 kolom. Pada kenyataannya theme ini berhasil tampil secara elegan sehingga memikat lebih dari satu juta narablog. Dua kolom ini juga menghindarkan kesan yang terlalu formal.

Wu Wei

Wu Wei menata hirarki heading dengan sangat tegas melalui perbedaan ukuran font. Upaya ini, ditambah hanya menggunakan stu jenis font, berhasil mempertahankan kesederhanaan namun tetap tampil menawan.

Jenis font: Arial – Diperkenalkan pada: 14 Juni 2010 – Jumlah pengguna: 1,016,065 blog

4. Bueno

Inilah theme yang memanfaatkan paling banyak jenis font, yaitu empat jenis. Namun sesungguhnya hanya dua yang dimanfaatkan, yaitu Rockwell untuk heading dan Georgia untuk bodytext. Penggunaan font Rockwell ini cukup unik karena sangat jarang dimanfaatkan di dunia blog.

Bueno

Bueno juga menyediakan tujuh skema warna, yaitu merah, ungu, abu-abu, hijau, coklat, biru, dan kuning yang merupakan warna standar. Semua dalam nada pastel yang menawan.

Jenis font: Helvetica, Impact, Rockwell, Georgia – Diperkenalkan pada: 6 Mei 2010 – Jumlah pengguna: 1,140,401 blog

3. Twenty Eleven

Sesuai namanya, theme ini diluncurkan pada tahun 2011. Dengan mengandalkan hanya satu font untuk heading dan body text (satu font lagi khusus untuk quote), theme ini tampil sangat bersih dan rapi. Resikonya adalah bersamaan dengan itu muncul pula kesan formal yang mungkin kurang disukai oleh Anda yang berjiwa bebas.

Twenty Eleven

Theme ini memberi dua pilihan warna latar belakang terang dan gelap. Selain itu Anda juga dapat mengganti warna tautan (custom link color). Anda dapat mengganti gambar header dengan ukuran 1000px x 288px. Sepengetahuan saya ini adalah header image terbesar.

Jenis font: Helvetica, Georgia – Diperkenalkan pada: 6 Juni 2011 – Jumlah pengguna: 1,146,661 blog

2. Kubric

Inilah theme default WordPress. Artinya bila Anda membuat blog dan membiarkan apa adanya, theme inilah yang akan terpasang. Dengan banyaknya orang yang hanya coba-coba membuat blog lalu meninggalkannya, tidak heran bila masih banyak blog dengan theme ini. Banyak di antara blog itu hanya berisi satu atau dua artikel lalu ditinggalkan. Bahkan masih ada yang berisi artikel “Hello, World!” lengkap dengan komentar dari Mr WordPress !

Kubric

Tidak banyak pilihan pada theme ini. Mungkin sebaiknya Anda menggantinya dengan theme yang lain. Banyaknya blog dengan theme ini yang ditelantarkan pemiliknya, membuatnya memiliki kesan buruk. Anda tentu tidak menghendaki kesan buruk itu juga menempel pada blog Anda.

Jenis font: Trebuchet MS, Verdana – Diperkenalkan pada: 25 September 2006 – Jumlah pengguna: 4,298,766 blog

1. Twenty Ten

Ini dia theme yang paling populer. Sebagaimana “adiknya”, theme ini juga mendapat nama sesuai tahun kelahirannya pada tahun 2010. Sejak kemunculannya theme ini telah membuat kehebohan dan penggunanya meningkat dengan sangat pesat hingga menduduki tempat pertama. Satu theme yang elegan tanpa perlu berlebihan.

Twenty Ten

Theme ini menyediakan banyak kemudahan untuk melakukan perombakan, seperti mengganti image header dan warna latar belakang. Bahkan Twenty Ten adalah theme WordPress pertama yang memungkinkan kita mengganti warna latar belakang. Masih banyak kemudahan lain yang mungkin itu menjadi salah satu alasan mengapa theme ini menjadi sedemikian populer.

Jenis font: Arial, Georgia – Diperkenalkan pada: 26 April 2010 – Jumlah pengguna: 5,555,330 blog

Catatan:

  • Apa yang telah saya uraikan di atas hanya menyangkut penampilan sehubungan dengan template pada MsWord yang saya buat. Keterangan selengkapnya dapat dilihat di lokasi.
  • Anda dapat mengubah warna latar belakang pada template MsWord dengan mudah. Caranya, pilih tab “Page Layout”, lalu pada “Page Background” pilih “Page Color”. Di sini Anda dapat memilih warna yang dikehendaki.
  • Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s