word2wordpress

MsWord Template untuk WordPress Theme (1/2)

Saya seringkali merasa kecewa ketika memublikasikan suatu artikel ke blog. Yaitu ketika tampilan di MsWord bebeda jauh dengan tampilan di blog. Perbedaan ini meliputi beda jenis dan ukuran font, beda model heading, beda model judul/title, beda lebar bidang tulisan, sampai perbedaan warna.

Saya lalu mencoba untuk membuat template di MsWord. Saya berusaha menduplikasi tampilan suatu theme semirip mungkin. Baik bentuk, ukuran, jenis font, hingga warna font dan latar belakang.

Hasilnya, sekarang saya dapat membayangkan bagaimana artikel saya akan tampil di blog. Saya bahkan dapat mengatur bagaimana penggalan suatu kalimat menyesuaikan lebar bidang halaman. Dengan demikian bagaimana tampilan yang saya lihat ketika di MsWord adalah yang akan tampak oleh pembaca di blog.

Saya merasa sangat terbantu dengan template pada MsWord ini. Saya berfikir mungkin ada pula pembaca yang mengalami masalah serupa. Oleh karena itu saya akan bagi-bagi sepuluh template sesuai dengan theme yang paling populer di WordPress.

Pada tahap pertama saya akan bagi-bagi 5 template yang berada pada urutan 10 hingga 6. Silahkan mengunduh lewat link di bawah ini.

unduh cuma-cuma

10. Greyzed

Bagi Anda dengan jiwa bebas dan menulis artikel yang santai, mungkin theme ini cocok untuk Anda. Hal ini ditengarai dengan pemakaian font impact dalam ukuran yang sangat besar pada heading 1 dan warna merah pada title, heading 2 dan heading 3.

Greyzed

Di antara ciri yang sangat mencolok adalah tanda panah pada title dan jarak yang sangat lebar antara heading 1 dengan baris sebelumnya. Heading 1 dengan posisi menjorok ke dalam ini semakin mencolok karena penerapan all caps (mode kapital).

Jenis font: Impact, Tahoma – Diperkenalkan pada: 3 Juni 2010 – Jumlah pengguna: 380.145 blog

9. Chaotic Soul

Ciri paling mencolok theme ini adalah latar belakang (background) berwarna gelap. Theme ini jadi terasa elegan ketika dipadukan dengan warna keemasan pada title dan heading2. Di sisi lain latar belakang gelap itu membuat theme ini menjadi tidak terlalu formal. Anda dapat mengubah latar belakang menjadi terang, namun Anda akan kehilangan efek dramatisnya.

Chaotic Soul

Keunikan lain adalah latar belakang quotes yang lebih terang. Sangat jarang theme yang mengolah masalah ini. Kebanyakan theme membiarkannya sama dengan latar belakang keseluruhan.

Jenis font: Georgia, Trebuchet MS – Diperkenalkan pada: 26 Oktober 2006 – Jumlah pengguna: 393.708 blog

8. Coraline

Theme ini memberi pilihan satu atau dua sidebar. Perbedaan jumlah sidebar ini ternyata berpengaruh terhadap lebar bidang tulisan. Oleh karena itu saya juga membuat dua template, yaitu Coraline 1 dan Coraline 2.

Coraline

Selain masalah jumlah, Anda juga bebas mengatur posisi sidebar. Bisa dua di kiri, dua di kanan, satu di kiri, satu di kanan atau masing-masing satu di kanan kiri. Bahkan bisa juga tanpa sidebar sama sekali.

Theme ini juga menawarkan dua pilihan warna latar belakang, yaitu warna terang dan gelap. Untuk sementara saya menerapkan latar belakang warna terang untuk Coraline 1 dan warna gelap untuk Coraline 2.

Jenis font: Arial, Georgia – Diperkenalkan pada: 5 Agustus 2010 – Jumlah pengguna: 447.162 blog

7. Misty Look

Saya merasa sedikit kesulitan untuk mendeskripsikan theme ini. Semua tertata dengan sangat rapi dan teratur. Di sisi lain hampir tidak ada sesuatu yang menonjol darinya.

Misty Look

Satu catatan mungkin pada heading 2 yang menerapkan jarak antar karakter yang sedikit direnggangkan. Hal ini sangat jarang dilakukan. Namun upaya ini secara hirarki visual tidak menempatkannya di atas heading 3. Justru dengan warna hijaunya heading 3 tampak lebih menonjol. Sementara heading 1 dengan mode bold benar-benar menempatkannya sebagai sub judul utama.

Jenis font: Georgia, Verdana – Diperkenalkan pada: 26 Pebruari 2007 – Jumlah pengguna: 534.336 blog

6. Titan

Dibandingkan Misty Look, theme Titan jaun lebih sederhana. Hanya menggunakan satu jenis font baik untuk heading maupun bodytext. Hirarki heading dicapai dengan ukuran font dengan tambahan mode bold pada heading 1.

Titan

Tetapi jangan salah. Dengan tampilan yang sangat sederhana ini ternyata theme Titan berhasil memikat hampir satu juta narablog.

Jenis font: Arial – Diperkenalkan pada: 9 Maret 2010 – Jumlah pengguna: 997.945 blog

Catatan:

  • Apa yang telah saya uraikan di atas hanya menyangkut penampilan sehubungan dengan template pada MsWord yang saya buat. Keterangan selengkapnya dapat dilihat di lokasi.
  • Anda dapat mengubah warna latar belakang pada template MsWord dengan mudah. Caranya, pilih tab “Page Layout”, lalu pada “Page Background” pilih “Page Color”. Di sini Anda dapat memilih warna yang dikehendaki.
  • Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Ada tanggapan ?

