kereta-belanja

Belanja … yuuk !

Banyak di antara kita yang menerapkan sistim belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Yaitu membeli barang untuk kebutuhan satu bulan. Keuntungannya antara lain mendapat harga yang lebih murah bila membeli dalam jumlah tiga buah atau lebih.

Sedang untuk menghindari kondisi supermarket yang terlalu penuh, saya biasanya berbelanja di tengah bulan tengah pekan. Tengah bulan adalah pada tanggal belasan. Tengah pekan adalah pada hari Selasa, Rabu atau Kamis.

Kali ini saya ingin berbagi file excel yang akan memudahkan kita saat berbelanja, sehingga kita dapat bergerak dengan efektif tanpa membuang banyak waktu.

Agar Tidak Kelewat dan Tidak Kelewatan

Sebagai panduan saat belanja bulanan saya membuat satu daftar belanja. Di dalamnya tercantum jenis barang, jumlah (kuantitas), harga satuan dan estimasi jumlah uang yang harus disiapkan.

Tujuan membuat daftar belanja adalah :

agar tidak kelewat

Yaitu agar tidak ada barang yang dibutuhkan tapi tidak kebeli. Bila mengandalkan ingatan biasanya ada saja yang lupa. Mungkin ada yang mampu mengingat daftar belanjaan di kepalanya, namun kebanyakan dari kita tidak memiliki kemampuan seperti itu.

agar tidak kelewatan

Yaitu agar tidak membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Melihat display yang begitu memikat seringkali membuat tangan kita gatal untuk mengambil dan memasukkan ke dalam keranjang belanjaan. Termasuk barang-barang yang ternyata tidak kita butuhkan.

dan agar lebih cepat

Keuntungan lain dari membuat daftar adalah proses belanja menjadi lebih cepat karena ada panduan yang menuntun langkah kita. Tidak membuang waktu terlalu lama mengingat barang yang harus dibeli. Dan tidak terlalu asik memandangi deretan barang di rak yang memang sudah diatur dengan sangat menarik.

Daftar Belanja di Excel

Saya sudah membuat file excel yang akan memudahkan kita saat menyusun daftar belanja. Silahkan diunduh dan dibuka. Berikut ini panduan cara memanfaatkannya.

Ada dua tab yaitu “DATA” dan “PRINT”. Kita buka dulu tab “DATA”. Kolom 1 adalah nomor urut. Kolom 2 “Qn.” adalah quantity atau jumlah barang. Kolom 3 “ITEM” adalah nama barang. Kolom 4 “PRICE” adalah harga satuan.

Beberapa item sudah saya isikan lengkap dengan harga satuannya. Kita tinggal memasukkan jumlah barang yang akan dibeli untuk masing-masing item. Lalu buka tab “PRINT”. Di sini sudah tersusun daftar barang yang hendak dibeli. Kotak di belakang nomor urut adalah checkbox. Angka di belakang item adalah jumlah barang. Lalu di belakangnya adalah harga satuan (bukan jumlah harga).

Pada bagian atas terdapat ESTIMASI total belanja. Bisa diartikan inilah jumlah uang yang harus dibawa. Di bawahnya ada keterangan jumlah item dan peringatan bila ada item tanpa harga satuan. Artinya estimasi harga yang tertulis di atas otomatis belum memasukkan harga barang tanpa harga satuan.

Setelah mengatur panjang printing area, maka kita bisa mencetaknya sebagai panduan saat berbelanja. Pengalaman saya cukup mencetaknya di atas kertas ukuran A5 (15 x 21 cm).

Kembali ke tab DATA. Saya membagi daftar barang menjadi lima kategori. Anda bisa menyusun kategori sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya

  • Kategori 1 : Makanan
  • Kategori 2 : Minuman
  • Kategori 3 : Alat Kebersihan Diri
  • Kategori 4 : Alat Kebersihan Pakaian
  • Kategori 5 : Lain-lain

Bila Anda adalah pelanggan tetap sebuah supermarket, maka bisa membagi kategori sesuai kondisi supermarket itu. Misalnya :

  • Kategori 1 : Rak 1 – 2
  • Kategori 2 : Rak 3 – 4
  • Kategori 3 : Rak 5 – 6
  • Kategori 4 : Rak 7 – 8
  • Kategori 5 : Rak 9 – 10

Kelihatannya semua sudah saya jelaskan. Kalau ada yang kurang nanti bisa ditambahkan lewat kolom komentar. Silahkan mencoba dan saya tunggu tanggapannya.

Selamat berbelanja dengan efektif dan jangan terlalu lama berada di pasar. Kecuali bila Anda memang seorang pedagang.

Sumber Gambar: http://www.adukidiet.co.uk

Ada tanggapan ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s